Selasa, 30 Maret 2010

ikAn cuPaNG














Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.

Ciri ikan jantan untuk dipijahkan :

Umur ± 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
Gerakannya agresif dan lincah.
Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina :

Umur telah mencapai +- 4 bulan
Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
Gerakannya lambat.
Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
kondisi badan sehat.

ikaN LouhaN






Ikan louhan bagi sebagian orang merupakan ikan pembawa Hoki. Bagi siapa saja yang memelihara dan memilikinya diyakini akan mendatangkan keberuntugan.Anggapan sebagai Ikan Hoki merupakan keyakinan yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat tertentu. Hoki disini diartikan dengan hanya mempunyai Louhan maka rejeki yang bersangkutan akan terus bertambah. NAmund emikian secara hitung-hitungan bsinispun sebenarnya ikan Louhan adalah suatu komoditas bisnis yang teramat sangat mejanjikan.Maka dari itu perlu diketahu bagaimana membudidayakan ikan louhan secara baik dan benar.

Ciri-ciri Louhan berkualitas baik :

- sirip atas bawah dan ekor seimbang - Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insang - lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam - Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan - warna dasar tubuy merah cerah dan kuning cerah - sirip dan ekor merekah melebar dan utuh - Nongnong di kepala tampak proporsional - Mata merah satu lingkaran penuh


2 komentar: