Rabu, 31 Maret 2010

ikaN ArwaNa


ikan arWAna meraH










Arwana merah merupakan varietas arwana yang berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Kedua tempat ini dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red).

Warna merah penuh sudah akan tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah selanjutnya sudah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, khusunya pipi (tutup insang) dan pinggiran sisik, sehingga ikan secara keseluruhan sudah akan menunjukkan kesan merah.

Pada dasarnya, arwana merah dikelompokkan dalam 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red). Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun demikian dalam perkembangannya super red lebih banyak merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.


ikan Arwana Hijau










Arwana hijau merupakan jenis arwana lain yang umum ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Variasi penampakan dan warna bisa saja ditemukan di masing-masing daerah. Meskipun demikian secara umum dapat dikatakan bahwa pada umumnya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana asia lainnya.


ikan arwaNa Golden










Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana golden. Varietas ini dijumpai diberbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Oleh karena itu, mereka sering diberikan julukan sesuai dengan tempat asalnya, seperti: Golden Pahang, Bukit Merah Blue, Malaysian Gold dll. Disebut sebagai cross back, karena varietas ini akan memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya, pada saat ikan tersebut dewasa.

Varietas ini tergolong jarang, sehingga harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan varietas lainnya. Bahkan boleh dikatakan merupakan varietas dengan harga paling tinggi.

Tergantung pada warna dasar sisik, CBG dapat dikelaskan manjadi Purple-Based (warna dasar ungu), Blue-Based (warna dasar biru), Gold Based (warna dasar emas), dan Silver-Based (warna dasar perak). Arwana Gold dengan warna dasar emas diketahui dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan dengan varietas lain.


ikan Merah Emas (Golden red)








merupakan varietas warna lain yang umum dijumpai disamping merah orange (Orange Red). Varietas ini merupakan varietas dengan grade paling rendah. Setelah dewasa warna badannya hanyalah emas kekuningan. Warna bibir dan sirip tidak semerah Super Red, tetapi berwarna merah muda atau merah jambu.



4 komentar: